Fungsi-Fungsi Dalam Microsoft Exel (xl)
Fungsi Statistika
Beberapa fungsi statistika yang sering digunakan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel. antara lain.
a. =SUM (range) : Menjumlahkan data dalam range
b. =AVERAGE (range) : Mencari ratarata data dalam range
c. =MAX (range) : Mencari data tertinggi dalam range
d. =MIN (range) : Mencari data terendah dalam range
e. =VAR (range) : Mencari nilai variansi dalam range
f. =STDEV (range) : Mencari standar deviasi dalam range sampel data
g. =COUNT (range) : Mencari banyaknya data dalam range
h. =COUNTIF(range,kriteria) :Mencari banyaknya data yang memenuhi kriteria tertentu
Menggunakan Fungsi Tanggal dan Waktu
a. Fungsi =DATE
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan angka seri dari suatu data tanggal. Bentuk umum pemasukan data tanggal adalah sebagai berikut.
=DATE(Tahun, Bulan, Tanggal)
Contoh Untuk menuliskan tanggal 13 April 1968, caranya adalah: =DATE(68,04,13) atau diketik langsung: 13Apr68.
b. Fungsi =DAY
Digunakan untuk menampilkan angka tanggal dalam bulan.
Contoh jika sel A1 berisi data tanggal 13Apr68 maka hasil dari fungsi =DAY(A1) adalah 13.
c. Fungsi =MONTH
Digunakan untuk menampilkan angka bulan dalam data tanggal.
Contoh jika sel A1 berisi data tanggal 13Apr68 maka hasil dari fungsi =MONTH(A1) adalah 4.
d. Fungsi =YEAR
Digunakan untuk menampilkan angka tahun dalam data tanggal.
Contoh jika sel A1 berisi data tanggal 13Apr68 maka hasil dari fungsi =YEAR(A1)
adalah 68.
e. Fungsi =WEEKDAY
Digunakan untuk menampilkan angka hari dalam satu minggu. Urutan angka dan nama hari adalah sebagai berikut.
Angka Nama Hari
1 Minggu (Sunday)
2 Senin (Monday)
3 Selasa (Tuesday)
4 Rabu (Wednesday)
5 Kamis (Thursday)
6 jumat (Friday)
7 Sabtu (Saturday)
Contoh jika sel A1 berisi data tanggal 13Apr68 maka hasil dari fungsi =WEEKDAY(A1)
adalah 7. Artinya tanggal 13Apr68 adalah hari Sabtu.
f. Fungsi=TIME
Bentuk umum dari fungsi =TIME adalah: =TIME(jam,Menit,Detik)
Dalam mengetikkan waktu, sebaiknya menggunakan sistem 24 jam,
artinya jam 4 sore kita tulis 16.00.
Misal:
=TIME(12,0,0), artinya jam 12 siang, memberikan nilai 0.5
=TIME(18,0,0), artinya jam 6 sore, memberikan nilai 0.75
Menggunakan Fungsi Logika
Untuk menulis suatu ekspresi logika, Microsoft Excel menyediakan beberapa operator relasi, yaitu:
Operator Relasi diantaranya:
a. = sama dengan,
b. < lebih kecil daripada
c. > lebih besar daripada
d. <= lebih kecil atau sama dengan,
e. >= lebih besar atau sama dengan,
f. <> tidak sama dengan,
a. Fungsi = IF
Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran isi sel lembar kerja. Bentuk umum fungsi IF adalah:
=IF(Ekspresi logika, Pilihan1, Pilihan2)
Jika dalam menguji isi sel lembar kerja dinyatakan benar maka yang diambil adalah
"Pilihan1", tetapi jika tidak yang diambil "Pilihan2".
Contoh:
1) =IF(A1=”L”,”Lakilaki”,”Perempuan”)
Artinya, jika sel A1 berisi "L" maka pilihannya "Lakilaki", jika tidak "L" maka pilihannya adalah "Perempuan"
2) =IF(A5>=6,"Lulus","Mengulang")
Artinya, jika sel A5 nilainya >=6 maka pilihannya "Lulus", jika tidak maka pilihannya adalah "Mengulang".dan seterusnya.
b. Fungsi =AND
Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran persyaratan semua isi sel lembar kerja. Bentuk umum dari fungsi =AND adalah:
=AND(Ekspresi logika, jawaban1, jawaban2)
jika dalam menguji isi sel benar maka yang diambil adalah "Jawaban1, jika tidak
"jawaban2". Contoh
1) =AND(B6>=60,C6>=70)
Artinya, akan memberikan jawaban TRUE jika B6 berisi >=60 dan C6>=70 dan memberikan jawaban FALSE jika salah satu atau keduanya tidak memenuhi kriteria itu.
2) =AND(A1 >=60,B1 >=50),"Lulus","Mengulang")
Artinya, akan memberikan jawaban "Lulus" jika A1 berisi >=60 dan B1 berisi >=60, jika tidak maka "Mengulang".
c. Fungsi =OR
Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran salah satu persyaratan isi sel lembar kerja. Bentuk umum dari fungsi =OR adalah:
=OR(ekspresi logika1, ekspresi logika2,...) maksimum sampai 30 buah logika
Contoh:
1) =OR(A1>=60,B1>=70)
Artinya, akan memberikan jawaban TRUE apabila salah satu sel saja telah memenuhi kriteria atau kedua sel memenuhi kriteria, jika tidak maka FALSE.
Jadi akan memberikan jawaban TRUE Jika :
a) A1>=60 sedangkan B1 sembarang
b) B1>=70 sedangkan A1 sembarang
c) A1>=60 sedangkan B1>=70
Dan akan memberikan jawaban FALSE jika : A1<60 sedangkan B1<70
2) =IF(OR(A1 >=60,B1 >=60),”Lulus”,”Mengulang”)
Artinya, akan memberikan jawaban "Lulus" jika :
a) A1>=60 sedangkan B1 sembarang
b) B1>=70 sedangkan A1 sembarang
c) A1>=60 sedangkan B1>=70
Dan akan memberikan jawaban ”Mengulang” jika : A1<60 sedangkan B1<70
Fungsi Teks
a. Fungsi =LEFT(String,n)
Untuk mengambil karakter dari sebelah kiri pada string, n menunjukkan jumlah karakter yang diambil.
Contoh
=LEFT("Suhartono",5) Enter, hasilnya : Suhar
=LEFT(A1,3) Enter, hasilnya : Mic (jika A1 berisi Microsoft)
b. Fungsi =RICHT(String,n)
Untuk mengambil karakter dari sebelah kanan pada string, n menunjukkan jumlah karakter yang diambil.
Contoh
=RIGHT("Suhartono",4) Enter, hasilnya : tono
=RIGHT(A1,3) Enter, hasilnya : oft (jika A1 berisi Microsoft)
c. Fungsi =MID(String,n1,n2)
Untuk mengambil karakter di tengah pada string yang dimulai dari n1 sebanyak n2
Contoh
=MID("Suhartono",4,4) Enter, hasilnya : arto
=MID(A1,3,4) Enter, hasilnya : cros (jika A1 berisi Microsoft)
Fungsi Pembacaan Tabel
a. Fungsi =VLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus (vertikal). Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebagai berikut.
=VLOOKUP(Sel Kunci, Range Tabel, Offset Kolom)
Rumusnya adalah :
=VLOOKUP(C5,$G$6:$I$8,3)
b. Fungsi =HLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara mendatar (horizontal). Adapun bentuk umumnya: =HLOOKUP(Sel Kunci, Range Tabel, Offset Baris).
Rumusnya adalah : =HLOOKUP(C5,$B$17:$D$19,32)
Ada pula Fungsi =countif(C3:G3,”Senang”)
Atau
= if(countif (H3>2, B3 & " Pandai Bergaul " , B3 & " Nakal ")
Semoga bermanfaat.
0 comments:
Posting Komentar